Swasembada Pangan, Babinsa Burneh Bangkalan Pendampingan Petani Tanam Padi



Bangkalan,- Bangkalan, Laras Post - Babinsa Koramil  0829/04 Burneh, Serda Ali bersama Mantri Tani, PPL sebagai Tim Upsus Kecamatan Burneh pada kegiatan pendampingan kepada Poktan sedang melaksanakan tanam benih padi jenis Impari 33 dengan sistem Tanam Jajar Legowo di Ds Langkap Kecamatan Burneh Bangkalan, Sebin (21/1/2019)


Pendampingan/pengawalan Upsus merupakan faktor penting dalam pencapaian target produksi yaitu dengan mengerahkan sumber daya yang ada termasuk di jajaran satuan TNI AD. 

Tugas pendampingan mulai dari persiapan pertanaman, mengumpulkan data pada setiap Desa antara lain pengumpulan data saluran irigasi, luas tanam dan produksi, pengawalan ketersedian pupuk, benih dan sarana pertanian. 

Kehadiran Babinsa dalam bidang pertanian bukan untuk mengambil alih tugas penyuluh pertanian. Babinsa hanya ingin mensukseskan program swasembada pangan yang harus dicapai dalam waktu tiga tahun kedepan.

Menurut Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Arm Dodot Sugeng Heriadi menekankan Kepada Seluruh Danramil Jajaran Kodim 0829/Bangkalan hingga Babinsanya,  untuk pendampingan terhadap Kelompok Tani agar bisa lebih intensif lagi.

Program Upsus Swasembada Pangan yang di selenggarakan di tiap daerah juga melibatkan seluruh satuan teritorial seperti seluruh Babinsa Koramil 01 hingga 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan di wilayah desa binaannya  masing-masing untuk melaksanakan pengolahan sawah, penyiapan bibit dalam rangka percepatan tanam. Hal ini segera dilaksanakan agar percepatan produktivitas hasil padi dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan.