Pemberantasan Jentik dan Sarang Nyamuk Oleh Tiga Pilar Wiyung


mediasurabaya.com , SURABAYA - Dalam rangka mencegah penyakit demam berdarah, Tiga Pilar Kelurahan Wiyung melaksanakan PJSN (Pemberantasan Jentik dan Sarang Nyamuk) ke rumah - rumah warga, Selasa (29/01/2019).

Sebelum melakukan pemeriksaan, dilaksanakan terlebih dahulu Apel di Halaman Depan Pendopo Kelurahan yang saat itu dipimpin oleh Lurah Wiyung, dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kasi Kesra Kelurahan, Satgas Linmas dan Bumantik.

"Setelah melaksanakan apel pagi dilanjutkan pendampingan kegiatan PJSN di wilayah Kelurahan Wiyung, Kecamatan Wiyung dengan sasaran Ruko (Rumah Toko - red) Taman Pondok Indah", jelas Babinsa Wiyung Serma Sugeng Hariyono.

Berdasarkan pantauan, di lokasi terlihat para petugas memasuki ruko milik warga untuk melakukan pemeriksaan kamar mandi dan tempat menyimpan air.

"Seperti timba dan bahkan tempat menampung air dispenser pun tak luput dari pemeriksaan. Kegiatan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar", terang Sugeng Hariyono, saat itu bersama Bhabinkamtibmas Bripka Heru Susanto.

Sebagaimana diketahui, intensitas hujan di Kota Surabaya sudah mulai tinggi, maka penyebaran penyakit demam berdarah harus segera diantisipasi dengan melakukan pemberantasan jentik dan sarang nyamuk.

Dilansir dari halosehat.com, penyakit demam berdarah disebabkan virus dengue yang ditularkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yaitu Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder. [/Dik]