Babinsa Bubutan Lanjutkan Bangun Jamban Untuk Warga


Surabaya,- Kodim 0830/Surabaya Utara melalui Koramil Jajarannya, melanjutkan kegiatan program Jambanisasi ( Sanitasi ). Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di seluruh Kota Surabaya Utara. Jumat (20/4/18). 
Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf. Wing Sandya Udayanto,SE mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban," terang Dandim. 
Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0830/04 Bubutan Serda M. Rois bersama dengan masyarakat bahu membahu pelaksanaan pembuatan jamban di rumah ibu Surti beralamat di Kelurahan Tembok Dukuh Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. 

Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank, pemasangan kloset, pembuatan bak mandi bagi ibu Tiani termasuk warga lainnya yang belum memiliki jamban. 

Ibu Surti dan warga setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sembarang tempat. Sehingga dengan kebiasaan tersebut menciptakan lingkungan yang kurang sehat. 

"Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai," kata Ibu Surti dengan mata berbinar

Sementara itu, menurut Danramil 0830/04 Bubutan Mayor Chb Sukimun menyatakan bahwa, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban di wilayah Semampir masih ada."Menurut laporan dan pendataan dari Babinsa yang belum memiliki jamban di wilayah Koramil 0830/04 Bubutan masih membutuhkan puluhan unit," ungkap Danramil. 

"Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan sosial yang sangat baik sehingga kita bisa saling membantu dan bekerja sama bila melihat warga yang kekurangan", jelas Danramil 0830/04 Bubutan Mayor Chb Sukimun. 

Menurutnya, bantuan jamban ini bertujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan dimana warga agar tidak buang kotoran di sembarang tempat, karena kalau buang kotoran di sembarang tempat akan mencemari air sungai dan lingkungan setempat sehingga lingkungan kita akan menjadi tidak sehat, dan tidak sepantasnya lagi di zaman seperti ini masih ada orang yang buang kotoran di sembarang tempat. 

"program bantuan jamban keluarga diperuntukkan kepada masyarakat yang kurang mampu yang akan diwujudkan dengan penyerahan bantuan dan pembangunan jamban. Program ini merupakan bukti bahwa TNI AD peduli pada kesehatan masyarakat. "Intinya kita ingin memajukan tingkat kesehatan masyarakat," urainya 

Ia, mempunyai anggapan bahwa masa depan bangsa dimulai dari kehidupan masyarakat yang sejahtera dan sehat lingkungannya termasuk melalui program jamban ini. "Karena dengan jiwa yang sehat masyarakat akan kuat, sehingga kemajuan negara dan bangsa juga cepat," tandasnya 

"Mari kita jaga kesehatan kita dengan menjaga dari hal-hal kecil seperti ini agar kita tetap sehat". pungkas Mayor Chb Sukimun.