Prajurit Koramil Pabean Cantikan Sambangi Sekolah Gelar Wasbang Dialogis


Surabaya,- Lembaga Pendidikan merupakan tempat yang memiliki posisi strategis untuk kembali meningkatkan dasar-dasar mental dan perilaku generasi bangsa.

Pada saat sekarang ini tentu sangat penting untuk kembali untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang apa dan bagaimana situasi dan kondisi yang saat ini tengah berkembang dan viral terjadi tehadap Negara dan Bangsa Indonesia tercinta ini.
Sebagaimana Babinsa Koramil 0830/03 Pabean Cantikan Serka Hud Rohman melaksanakan wasbang dialogis membekali wawasan kebangsaan Pembinaan Mental kepada sekitar siswa-siswi di SMP Barunawati Jl. Jakarta Surabaya. Rabu (25/4/18)

Pemberian wawasan kebangsaan tersebut harus benar-benar disesuaikan dan mudah dicerna sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menanggapi materi, harus bisa dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan keseharian.

Saat dikonfirmasi, Danramil Pabean Cantikan Mayor Inf. Heri Suseno membenarkan adanya pemberian materi wawasan kebangsaan sekaligus pembinaan mental tersebut, sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas yang merupakan bagian dari penjabaran program Binter, tegasnya.

Dalam pemberian materi tentunya disesuaikan dengan porsi sikon yang ada juga dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan-santun dan kegiatan kemasyarakatan. Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Ditempat berbeda Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Wing Sandya Udayanto,SE juga menyampaikan bahwa pemberian pemahaman terhadap Wasbang utamanya kepada anak-anak tingkat sekolah memiliki nilai yang sangat strategis. Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0830/Surabaya, membenarkan adanya program pemberian Wasbang tersebut. "Tentunya baik tingkat Danramil maupun Babinsa sudah kami berikan tata cara pemberian Wasbang, baik kepada Komponen Masyarakat, Instansi-Instansi Pemerintahan, Tokoh-Tokoh Masyarakat maupun kepada siswa-siswi mahasiswa dan pelajar sekolah di wilayah". Pungkasnya.