Kodim Surabaya Utara Dalam Jambore Pramuka (Pesta Siaga dan Penggalang)


Surabaya,- Pramuka merupakan suatu kegiatan yang efektif untuk menumbuhkan jiwa nasionalis dan dapat selaras mengikuti perkembangan jaman.

Dengan kegiatan kepramukaan, jiwa nasionalis dapat ditingkatkan kualitasnya.
Sebagaimana yang saat ini dilaksanakan oleh Kodim 0830/Surabaya Utara dengan mendelegasikan Kapten Inf. Agus Riyanto,SH sebagai yang dituakan dalam kegiatan Jambore Pramuka (Pesta Siaga dan Penggalang) juga selaku ketua Pamong Saka Wira Kartika di Gelora Bung Tomo Benowo Surabaya. Kamis (19/4/18)

Di sela-sela kegiatan kepramukaan tersebut, Kapten Inf. Agus Riyanto,SH menyampaikan beberapa manfaat kegiatan pramuka bagi generasi muda sangat banyak diantaranya melatih Kemandirian.

Inilah hakikat dari Persatuan dan Kesatuan yang harus ditanamkan kepada para generasi muda saat ini ditengah terpaan badai bahaya Miras, Narkoba, dan Pergaulan bebas yang mampu menghancurkan integritas bangsa. Selain itu dalam kepramukaan juga diajarkan untuk lebih mencintai Lingkungan. Dalam pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelejahan alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.

Dan yang tak kalah pentingnya dalam pelatihan pramuka juga diajarkan Leadership. Melalui pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kemandirian, kejujuran, tanggungjawab, pantang menyerah, serta mampu menjawab semua masalah dan mengatasinya," jelas Kapten Agus.

Masih banyak lagi manfaat kegiatan pramuka. Tentunya pihak sekolah dalam hal ini harus berperan aktif mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan ektrakulikuler pramuka. "Dan satu hal lagi bahwa pramuka bersifat fleksibel, diperlukan kakak-kakak pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan pramuka tidak monoton", pungkasnya.