Warga Sidokaton Merasa Aman Dan Tentram Adanya Ronda Satgas TMMD


Jombang. Personil TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 Kodim 0814 Jombang bersama warga ikut bersama warga ronda malam, rabu 19 April 2019.
Para prajurit TNI yang selama satu bulan sudah tinggal menetap bersama warga masyarakat di Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang tersebut tampak terlihat menyatu dengan warga setempat seperti tinggal ditengah keluarga sendiri.
Hal ini dibuktikan dengan personil prajurit yang tiap malam ikut giliran jatah ronda malam bersama warga. Tak heran, dengan keikutsertaan prajurit Satgas TMMD Kodim Jombang dalam ronda malam, masyarakat semakin merasakan tenang, nyaman dan damai menikmati istirahatnya.
Tiap malam sebanyak 5 sampai dengan 6 orang prajurit Satgas turut ronda dan patroli keliling bersama warga berjalan mengeliling gang-gang sempit sembari mengawasi keadaan lingkungan. Bukan warga saja yang merasakan aman, namun lebih dari itu, warga yang jatah ronda pun nampak lebih bersemangat.

Suasana pos ronda yang sebelumnya sepi-sepi saja, sejak kehadiran prajurit Satgas TMMD Kodim Jombang, kini terasa lebih hidup dan ramai. Bahkan, beberapa pemuda dusun pun tiap malam turut datang di pos ronda, bercanda dan bercengkerama bersama. " Kami warga Sidokaton sangat senang, bapak-bapak tentara selama tinggal di Dusun kami ikut menemani kami ronda malam. Warga merasa lebih tenang dan merasa jauh lebih aman. Suasana pos ronda pun lebih rame," kata Kusno (38) selaku kepala dusun Mabul.