TNI Memiliki Komitmen Yang Kuat Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan


Jombang. Irigasi merupakan sarana penghubung antara sumber air dan petak tanah pertanian atau persawahan. Irigasi juga merupakan wujud upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian, apabila tidak ada irigasi tentunya saja para petani tidak akan dapat mengolah lahan sawahnya. TNI memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan ketahanan pangan. Oleh karena itu, faktor-faktor yang menunjang ketahanan pangan menjadi skala prioritas TNI dalam setiap kegiatannya.
Karena pentingnya saluran irigasi tersebut, maka anggota kelompok tani bersama dengan personil Satgas TMMD ke 101 Kodim 0814 Jombang, memperbaiki saluran irigasi yang ada di Dusun Kedungloh, Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, minggu 22 April 2018.
Serka Anton selaku Babinsa Koramil 0814/09 Kudu mengatakan, Lahan pesawahan petani Sidokaton adalah sawah tadah hujan. Sesuai namanya, lahan sawah ini hanya kan ditanami padi saat musim penghujan saja. Saat musim kemarau lahan tersebut ditanami palawija oleh petani.
" Dengan adanya Personil TMMD otomatis Desa Sidokaton setiap hari akan ramai, begitu juga saat kerja bhakti, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik agar pengairan di sawah berjalan lancar. keberhasilan di bidang pertanian khususnya padi sawah sangat di pengaruhi oleh bagus tidaknya sumber air. "Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air bagi pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu mendongkrak kesejahteraan para petani, khususnya petani yang ada di wilayah Kabupaten Jombang,"tuturnya.