Upaya Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan Bantu Mencerdaskan Generasi Bangsa di Pedalaman Papua


Papua,  Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua New Guinea dari Yonif Raider 500/Sikatan membantu meningkatkan pendidikan anak-anak dengan mengajar di Sekolah Dasar YPPK Kristus Raja Ninatie yang terletak di Jalan  Kombip Kampung Ninatie Distrik Ninatie Kabupaten Boven Digoel.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan Letkol Inf Sidik Wiyono Jumat, mengatakan perbantuan mengajar di SD YPPK Kampung Ninatie itu dipimpin oleh Letda inf Suwandi dengan sejumlah angggota. Ia mengatakan kegiatan belajar mengajar di SD YPPK Kampung Ninatie dilakukan 3x dalam seminggu, dibawakan oleh Pratu Widya , Prada Philipus dan Prada Rahmad, berjalan dengan aman dan lancar.

Bahkan, ujarnya, murid-murid menyambut kegiatan itu dengan antusias. "Penuh semangat, hal ini terlihat dengan jelas keceriaan di antara mereka," katanya. Menurut dia, tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di sepanjang perbatasan RI-PNG itu, bukan hanya pada Dinas Pendididkan dan pemerintah Daerah. "Tetapi kita semua ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pendidikan terhadap anak-anak yang ada di wilayah sepanjang perbatasan, karena masa depan bangsa dan negara, khususnya yang tinggal di perbatasan, ada di pundak mereka," katanya.

Letda Inf Suwandi mengemukakan murid-murid SD YPPK Kampung Ninatie yang mengikuti pelajaran berjumlah 45 orang. "Memang sedikit berbeda, anggota saya dalam membawakan materi sehingga para murid-murid senang dan ceria menerima pelajaran tersebut, karena belajar sambil bermain," katanya. Kepala Sekolah SD YPPK Kampung Ninatie bapak Apolnari menghargai kerjasama  prajurit TNI dari Satgas Pamtas Raider 500/sikatan di daerah itu. "Terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 500/sikatan atas peran aktifnya dalam kegiatan mencerdaskan anak-anak sekolah yang ada di perbatasan," katanya.