Dandim 0832 Inspektur Upacara Pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika





mediasurabaya.com , SURABAYA - Komandan Kodim (Dandim) 0832/Surabaya Selatan Letkol Inf Alfian, S.I.P., pada pagi hari ini Sabtu (28/04/2018) pukul 10.00 WIB bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) Pembukaan Pembinaan Saka Wira Kartika Kodim 0832 Tahun 2018 di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya.


Dengan mengusung tema "TNI AD Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika Siap Membina Dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Mempererat Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Demi Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)".

Dandim mengawali amanatnya dengan menyampaikan salam Pramuka, dan mengucap syukur atas terselenggaranya upacara pembukaan pelatihan dan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0832/Surabaya Selatan Tahun 2018.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Kodim 0832 dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan bela negara yang berbasis pada nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme.

Bela negara merupakan kewajiban bagi setiap warga negara dengan penuh rasa tanggung jawab dan dibangun sejak usia dini di setiap warga negara Indonesia, agar generasi muda mempunyai kepribadian dan watak yang baik.

Bela negara pada setiap warga negara sudah diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat (3) yang berisi dimana setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Bahwa peran TNI AD dalam peran bela negara sudah diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004, bahwa TNI dalam tugas pokoknya menegakkan NKRI dilaksanakan melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)", tegas Dandim.

"Fakta di lapangan telah membuktikan bahwa pramuka tetap konsisten dengan mendukung tegaknya NKRI dan ideologi Pancasila dengan menyatakan NKRI dan Pancasila merupakan harga mati di bumi nusantara ini", ungkap Dandim.

Hadir dalam pembukaan, diantaranya meliputi Camat Sambikerep Drs. Agus Setyoko, M.Si, Lurah Sambikerep Sugito, S.Sos., M.Si., Danramil Jajaran Kodim 0832, Kasatpol PP Kecamatan Taufik dan Kepala SMA Shafta Drs. Syafiudin Rosyid, serta Guru Pembina, Peserta Upacara Putra dan Putri Saka Wira Kartika.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Sabtu-Minggu tanggal 28-29 April 2018, dengan materi Krida Saka Wira Kartika, PBB (Peraturan Baris Berbaris), Matematika Bela Negara, Wasbang (Wawasan Kebangsaan). Sesuai rencana, bertindak sebagai Irup Penutupan, yaitu Kepala SMA Shafta Drs. Syafiudin Rosyid, pada hari Minggu (29/04) pukul 10.00 WIB.

[/Dik]