Antisipasi Prajurit terjangkit Hepatitis B, Kodim 0829 Bangkalan Menggelar Pemerikasaan Kesehatan


Bangkalan, Antisipasi Prajurit TNI diwilayah Kodim 0829/Bangkalan terjangkit penyakit Hipatitis B, Maka sebanyak 72 personil Kodim 0829/Bangkalan melaksanakan pemeriksaan tes Hepatitis B oleh Tim dari Kesehatan Poskesdim 0829/Bangkalan yang bertempat di Aula Makodim 0829/Bangkalan, Jum'at (13/7/2018)

Pemeriksaan kali ini meliputi pengambilan sample darah pada anggota perwakilan dari tiap-tiap Koramil Jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Dengan dilakukan pemeriksaan Hepatitis B ini bertujuan untuk mengetahui adanya antigen virus Hepatitis B Surface (HBsag) dalam serum prajurit.

Letkol Arm Dodot Sugeng Heriadi Dandim 0829/Bangkalan mengatakan, bahwa fungsi dari Pemeriksaan HBsag diantaranya yang pertama Indikator paling penting dengan adanya inveksi virus Hepatitis B, Mendiagnosa infeksi hepatitis akut dan kronik, Tes penapisan atau skrining darah dan produk darah (serum), Platelet dan lain-lain.

"Dengan pemeriksaan ini diharapkan dapat diketahui apakah anggota TNI terjangkit penyakit Hepatitis B atau tidak. Bila ditemukan anggota yang Positif Hepatitis B bisa dilakukan deteksi dini sebagai langkah awal untuk melakukan pengobatan secara dini,"  tambahnya.

"Upaya pemeriksaan terhadap jenis penyakit secara berkala kepada semua anggota sebagai bentuk kepedulian satuan untuk menyiapkan Prajurit yang siap dalam menjalankan tantangan tugas yang diembannya, Bila Prajurit bisa mendeteksi Penyakit yang ada pada dirinya akan mengubah perilaku Hidup Sehat yang berdampak pada Pencapaian Tugas Satuan Secara Maksimal, lebih jelasnya TNI harus sehat dan kuat," pungkasnya