Kodim 0814 Jombang Menjaga Kelestarian Lingkungan


Jombang. Kegiatan penghijauan untuk menjaga agar kualitas lingkungan hidup tidak semakin terdegradasi membutuhkan partisipasi aktif  masyarakat.  Tanpa partisipasi aktif masyarakat, tingkat kesuksesan kegiatan penghijauan akan rendah.
Pemanasan global kini bukan lagi isu lingkungan, melainkan fakta nyata masalah lingkungan yang  sedang terjadi. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi. Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir.
Aksi nyata yang dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini. Aksi nyata yang dapat dilakukan adalah penghijauan lingkungan seperti yang dilakukan Personil Kodim 0814 Jombang melaksanakan penghijauan di wilayah Ds Tunggorono, Kec Jombang  Kab.Jombang, jumat 20 Juli 2018.
Salah satu upaya untuk menarik kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan penghijauan adalah dengan memperhatikan azas manfaat pada tanaman penghijauan. Yang dimaksud dengan azas manfaat ini adalah dengan memilih tanaman-tanaman yang berpotensi menghasilkan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat.  Misalnya tanaman sengon. Tanaman ini selain bisa ditumpang sari dengan tanaman lain, juga berpotensi menghasilkan kayu yang bisa dijual sehingga menambah pendapatan masyarakat. " Penghijauan untuk memulihkan lingkungan kita utamakan, tapi azas manfaat juga harus diperhatikan," kata Kapten Inf Nasrulloh selaku Pasiter.
Disamping untuk penghijauan, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai wahana untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara anggota Kodim 0814 Jombang dengan seluruh komponen masyarakat Jombang. Kegiatan tersebut terselenggara atas bantuan dari PT CJI (Cheil Jedang Indonesia).