Babinsa Sumur Welut Bantu Petani Panen & Rontokkan Padi


mediasurabaya.com , SURABAYA - Babinsa Kelurahan Sumur Welut Serka Suwarsu, kembali turun ke sawah untuk melakukan pendampingan swasembada pangan di wilayah RT.05 RW.02, Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakar Santri, Surabaya, Minggu (15/07/2018).

Siang hari itu, Anggota Koramil 0832/08 Lakar santri ini membantu Poktan (Kelompok Tani) Pesapen Makmur dalam rangka MT.2 (Masa Tanam Kedua).

"Pada MT.2 ini, saya membantu Bapak Kolil mengumpulkan padi yang habis dipotong untuk siap dirontok", kata Suwarsu.

Dijelaskan oleh Suwarsu, "di lahan seluas 1.5 hektar ini menggunakan jenis padi IR 64 SS, dengan hasil GKP=9,9 ton, GKG=8,51 ton, Beras=5,36 ton".

Kolil mengakui, walaupun sudah dibantu oleh rekannya sesama petani, namun kehadiran Babinsa (Bintara Pembina Desa) jelas sangat membantu untuk mempercepat pelaksanaan panen.

"Lebih cepat dari biasanya (panen-red), iya karena Babinsa aktif turun ke sawah untuk membantu, seperti hari Minggu ini padahal hari libur", ujar Kolil.

Perlu diketahui, pendampingan terhadap petani yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Lakar Santri ini, yaitu untuk mendukung DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kota Surabaya.

Diharapkan bisa meningkatkan produksi padi, sehingga dapat mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Beras. Guna tercapainya Ketahanan Pangan Nasional yang menyejahterakan kehidupan rakyat.

Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, "NKRI Harga Mati". [/dik]