Ratusan Murid SDN Babatan 1 Surabaya Mendapatkan Wasbang Dari Babinsa Wiyung


mediasurabaya.com , SURABAYA - Babinsa Kelurahan Wiyung Serma Sugeng Hariyono, memberikan pengetahuan tentang Wasbang (Wawasan Kebangsaan) kepada 200 murid (siswa dan siswi) Kelas 4, 5 dan 6 SDN Babatan 1 Surabaya, Sabtu (28/07/2018).

Dengan didampingi Kepala Sekolah Ernawati Prasetya, S.Pd serta Bapak dan Ibu Guru Pendidik, Serma Sugeng Hariyono menyampaikan materi Pancasila sebagai Jati Diri Bangsa.

"Mencermati dengan perkembangan situasi, serta perilaku anak - anak muda dewasa ini, maka perlu untuk diberikan gambaran tentang Wawasan Kebangsaan yang berorientasi secara Nasional", ujarnya.

Anggota Koramil 0832/06 Karangpilang ini mengingatkan, bahwa ikatan nilai - nilai gotong rotong dan Kebangsaan perlu ditanamkan kembali dalam diri setiap Anak Bangsa yang merupakan pengejawantahan dari rasa cinta tanah air dan Bela Negara serta semangat Nasionalisme.

Rasa persatuan dan kesatuan perlu ditingkatkan kembali dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Indonesia dibangun dan dilandasi atas rasa Persatuan dan Kesatuan yang tinggi untuk mencapai cita-cita nasional, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sesungguhnya Wawasan Kebangsaan sangat perlu dipahami oleh semua lapisan warga masyarakat, termasuk pelajar. Dengan begitu akan lebih bermakna dan menyentuh secara langsung dalam kehidupan sehari - hari.

"Sebagai pelajar tugas kalian hanya belajar, untuk itu belajarlah dengan tekun dan sungguh - sungguh melalui kerja keras secara ikhlas dan cerdas, agar kelak kalian bisa menjadi generasi muda yang berprestasi, yang suatu ketika nanti akan dipersiapkan untuk menjadi Kader - Kader pembangunan yang cerdas dan bersemangat", imbuhnya.

Sugeng menambahkan, sangat penting menjalin kekompakan dan kebersamaan sesama anak bangsa, tanpa memandang suku, agama, etnis, bahasa, budaya dan adat istiadat.

"Kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, raihlah prestasi kalian setinggi langit, jadilah anak yang bisa membanggakan kedua orang tua, pribadimu dan orang - orang  di sekelilingmu yang mengasihimu, Selamat Belajar", pintanya.

"Terima kasih Bapak Sugeng Hariyono atas Wawasan Kebangsaan yang sudah diberikan kepada anak didik kami, semoga bisa menjadi motivasi dalam proses belajar di sekolah, serta lebih tertanam rasa cinta tanah air dan bangsa", demikian tutur Erna Prasetya, S.Pd Kepala SDN Babatan 1 Surabaya. [/Gun]