Melalui Program KB, Kodim 0832 & BKKBN Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat





mediasurabaya.com , SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah, pada Semester II tahun ini, Kodim 0832/Surabaya Selatan menyelenggarakan Program KB Kesehatan bekerja sama dengan Pemerintah dan BKKBN, Selasa (17/07/2018) pagi.


Dandim Letkol Inf Alfian, S.I.P., mengatakan, kegiatan ini (Program KB Kesehatan) dilaksanakan untuk membantu program dari Pemerintah Kota Surabaya, dilaksanakan pada hari ini di Makodim 0832 Surabaya selatan.

"Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Surabaya, khususnya kesejahteraan Ibu dan Anak, yang sesuai dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS). Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman", ujarnya, berharap.

Kabid KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Provinsi Jatim W. Ajeng Lukitowati menerangkan, dalam baksos (bakti sosial) ini BKKBN Provinsi memfasilitasi membantu, khususnya keluarga peserta BPJS atau JKN dan keluarga yang kurang mampu.

"Dikemas dalam bentuk baksos, sehingga masyarakat lebih tahu, lebih mengena dan ini pelayanan gratis. Kita bekerja sama dengan mitra stakeholder, baik dari TNI, Polisi, dan juga mitra yang lain dengan masyarakat, khususnya yang memerlukan ikut KB", jelasnya.

Ajeng menjelaskan, bahwa BKKBN Jawa Timur bertujuan meningkatkan kesejahteraan KB, khususnya metode kontrasepsi jangka panjang.

"Ada pelayanan IUD, ada pelayanan Implan susuk KB, ada pelayanan MOP untuk KB pria, ada pelayanan MOW interval untuk ibu-ibu yang sudah tidak ingin menggunakan kontrasepsi dan tidak ingin melahirkan lagi. Program KB Kesehatan ini berlanjut di semua wilayah Surabaya dan juga 37 Kabupaten Kota yang lain se-Jatim", ungkapnya.

Salah satu peserta akseptor MOP, M. Zain mengaku sangat berminat untuk mengikuti Program KB, karena sudah mempunyai 5 (lima) anak dan sudah mendapatkan izin dari istri.

"Sudah lima ya anaknya, kasihan ibunya, biar gak tambah anak, sudah melebihi batas", tutur warga dari Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan Surabaya ini.

Pada kesempatan ini, Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kapten Arh Suparno mengungkapkan dalam pelaksanaannya diketahui, bahwa peserta KB Kesehatan meliputi MOP 50, Implan 40 dan IUD 15.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh Staf Kodim 0832 dan Jajaran Koramil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting Sejajaran Cabang LI Kodim 0832 Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya, BKKBN Jatim, DP5A (Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Surabaya, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Camat Tegalsari, Ka Puskesmas Kedungdoro & dr. Soetomo, PPKB Kecamatan : Genteng, Tegalsari, Wonokromo, Karangpilang, Dukuh Pakis, PLKB Kecamatan : Wiyung, Gayungan, Jambangan, Wonocolo, Ka Kel. Tegalsari, serta Peserta KB. [/gun]