Danramil Kwanyar Bangkalan Gelar Ketatalaksanaan dan Penyegaran Materi Binter


Bangkalan, Usai apel pagi, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/05 Kwanyar jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Syaifudin memberikan materi Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada seluruh anggota Koramil 0829/05 Kwanyar bertempat di Aula Makoramil 0829/05 Kwanyar, Bangkalan Madura, Jatim, Kamis (19/7/2018).

Danramil 0829/05 Kwanyar Kapten Inf Syaifudin, menyampaikan "Dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial ( Binter ) yang dilaksanakan oleh Kodim 0829/Bangkalan hingga Koramil 0829/05 Kwanyar ini, pada dasarnya untuk mempererat tali silaturahmi, mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu dan melibatkan seluruh komponen masyarakat," terang Danramil.

Lanjutnya, Kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan seluruh komponen masyarakat yang ada diwilayah guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan komponen masyarakat, peran Koramil sangat besar yang mempunyai tanggung jawab wilayah Kecamatan dalam melaksanakan kegiatan Teritorial dimana wilayah Kecamatan merupakan wilayah sektor Binaan dari Koramil harus berperan aktif dan selalu ikut serta dapat memberikan semangat dan dorongan mental kepada masyarakat sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang harmonis dan sejahtera dalam kehidupan bermasyarakat satu sama lainnya.

Koramil merupakan satuan Komando Kewilayahan yang terkecil dijajaran TNI – AD yang menyelenggarakan fungsi administrasi bagi anggotanya dan melayani kepentingan masyarakat sesuai fungsinya sebagai satuan kewilayahan. Dalam melakukan tugasnya banyak berhubungan dengan masyarakat karena fungsi utamanya yaitu pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial. Hal ini menuntut kemampuan yang memadai dari aparat teritorial dalam mengimbangi perkembangan masyarakat di lingkungan tugasnya.

"Sebagai aparat teritorial, Koramil dituntut memiliki pengetahuan yang memadai tentang Binter, Pada kenyataannya secara umum masih jauh dari yang diharapkan. Bagaimana seorang babinsa akan mengembangkan tugas pembinaan kedalam bagi anggota Koramil serta pembinaan terhadap masyarakat sebagai obyek pembinaan, teritorial apabila tidak mempunyai dasar ilmu atau pengetahuan tentang Binter yang akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam bertindak atau mengambil keputusan," pungkas Danramil 0829/05 Kwanyar Kapten Inf Syaifudin.