Danramil 0829/10 Galis Bangkalan Berikan Wawasan Kebangsaan


Bangkalan, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/10 Galis Kapten Chb Muhammad Tohari memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Nurul Kharomah Desa Peterongan Kecamatan Galis,  pelaksanaan MPLM (Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah) Tahun Pelajaran 2018 " dengan mengangkat tema "Menata Masa Depan Dengan Impian Nyata"

 

Dalam materi oleh Danramil 0829/10 Galis Kapten Chb Muhammad Tohari menyampaikan tentang :

 

Pertama : Latar Belakang Suatu Negara akan semakin kuat pertahanannya bila saja bangsa tersebut bersatu padu untuk memperjuangkan Negara dalam melindungi dan membela hak hak yang dimiliki didalam suatu Negara itu sendiri. dalam Dasar Negara Indonesia pun sudah diterangkan tentang rasa Bela Negara yaitu terkandung dalam sila pancasila yang menjadi dasar pedoman hidup bangsa Indonesia. namun semakin berkembangnya dan semakin maraknya arus globalisasi dunia membuat lalai bangsa akan kesadaran untuk melindungi dan membela Negranya dari ancaman ancaman yang terjadi. 

 

Kedua : Tujuan Bangsa Indonesia, terkandung. dalam sila pancasila tersebut memang memerlukan proses yang sangat sulit untuk mewujudkannya, kesulitan tersebut tentunya berdasar pada kesadaran masing masing masyarakat akan pentingnya melindungi dan membela Negara ini. Namun, mereka mementingkan kepentingan mereka pribadi dibandingkan dengan kepentingan bangsanya, merka mengira kepentingan tersebut bukan untuk mereka melainkan untuk para petinggi petinggi Daerah dan Negara

 

Ketiga : Mengacu fenomena fenomena yang terjadi pada masyarakat umumnya saat ini, saya memandang perlu

 

a. Pengertian Bela Negara,  Merupakan Kewajiban dasar manusia, juga kehormatan bagi tiap warga Negara yang penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban kepada Negara dan Bangsa.

 

b.  Merupakan Sikap dan perilaku warga Negara yang jiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara yang seutuhnya.

 

Sedangkan Arti dari Bela Negara adalah Warga Negara Indonesia (WNI) :

 

a. Memiliki tekad, sikap dan perilaku yang dijiwai cinta NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang rela berkorban demi Aku kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

 

b. Memiliki kesadaran Bela Negara adalah Mereka yang bersikap dan bertindak senantiasa berorientasi pada nilai-nilai Bela Negara.

 

c. Untuk Nilai-nilai Bela Negara : Cinta Tanah air, sadar akan berbangsa dan bernegara, Yakin kepada Pancasila sebagai Ideologi,  Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara

 

Pada pukul 09.30Wib, Menyanyikan lagu padamu Negeri, selama giat berlangsung tertib, lancar aman.