Babinsa Dukuh Menanggal Bantu Petani Tanam Padi Varietas Pertiwi 1


SURABAYA ,- Setelah lahan pertanian di wilayah Kelurahan Bangkingan dan Lakar Santri, kini giliran wilayah Kelurahan Dukuh Menanggal yang mendapatkan perhatian dari Babinsa (Bintara Pembina Desa) dari Koramil 0832/05 Gayungan, Senin (22/01/2018) siang.

Di lahan seluas 1,5 hektar, RT.02 RW. IX Kertomenanggal ini, Serma Langgeng membantu menanam padi dalam rangka Masa Tanam (MT) I.

"Lahan ini milik Pak Elan Edi, kebetulan siang hari ini saya membantu melanjutkan tanam padi Varietas Pertiwi 1", ungkapnya.

Dalam hal ini, berdasarkan SK Mentan No. 2434/Kpts/SR.120/7/2012 yang telah dilansir oleh benihpertiwi.co.id, terkait PAK TIWI-1, atau lebih sering disebut Varietas Pertiwi 1 (sudah dikonfirmasi ke Babinsa bersangkutan), bahwa keuntungannya adalah :
Jumlah anakan  25-35.
Potensi hasil bisa mencapai ± 11 ton/ha GKG.
Rata-rata hasil ± 8 ton/ha.
Bentuk gabah slender panjang.
Dapat dipanen mulai umur 105-115 hari setelah tanam.
Tahan hama wereng coklat biotipe 1,2 dan 3.
Agak tahan virus tungro.
Rendemen berat ± 69%.
Nasinya pulen dengan rasa enak.
Dapat dipindah tanam pada umur 18-21 HSS,
Cukup 2 bibit per rumpun.

Perlu diketahui, pendampingan terhadap petani yang dilakukan oleh Anggota TNI AD dari Koramil Jajaran Kodim 0832/Surabaya Selatan tersebut, yaitu untuk membantu DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kota Surabaya.

Diharapkan dapat mewujudkan swasembada beras, guna tercapainya Ketahanan Pangan Nasional yang menyejahterakan kehidupan rakyat. Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, "NKRI Harga Mati".

[/Ang]