Menuju Sekolah Adiwiyata, SMPN 24 Mohon Doa Restu Forkopimka Karangpilang


SURABAYA ,- SMPN 24 yang terletak di Jalan Kebraon Indah Permai, Kebraon, Karangpilang Surabaya, pada pagi hari ini menyelenggarakan acara mohon doa restu menuju Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri Zero Waste & Bersih Dari Narkoba, Sabtu (20/01/2018).

Serda Sulaedy Babinsa Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang menyampaikan, acara doa restu ini dilanjutkan dengan kegiatan penghijauan dan perikanan yang dilaksanakan di lokasi sekolah.

"Ada penanaman pohon, pembuatan biopori dan penaburan benih ikan di  kolam di SMPN 24", ungkap Anggota Koramil 0832/06 Karangpilang tersebut, saat turut hadir mendampingi Komandan Koramil (Danramil) Mayor Inf Abdul Muntolib.

Selain Danramil Karangpilang, jajaran Forkopimka (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) lainnya juga turut hadir dalam undangan, diantaranya meliputi Camat, Wakapolsek, Lurah, LPMK, RT/RW dan Perwakilan Ibu-Ibu PKK, serta Warga se-Kelurahan Kebraon.

Sebelumnya telah dilansir oleh bp2sdmk.dephut.go.id., bahwa pada tahun 2006 Kementerian Lingkungan Hidup mencanangkan Program ADIWIYATA sebagai tindak lanjut dari MoU antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian, dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah.

Program Adiwiyata dilaksanakan dengan berdasarkan pada prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 (empat) komponen yang ditentukan yaitu:

(1) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan,

(2) Kurikulum berbasis lingkungan,

(3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan

(4) Pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan.

[/Dik]