Danramil Bubutan Bina Pramuka Galakkan Sejuta Biopori


Surabaya, Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah tentunya tidak asing lagi bagi hampir semua orang namun sebagian orang masih beranggapan bahwa pramuka itu hanya tepuk tangan, baris berbaris, tali temali. Padahal pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti jaman.

Dengan kegiatan kepramukaan sebuah generasi muda dapat ditingkatkan kualitasnya. Seperti yang disampaikan Komandan Koramil 0830/04 Bubutan Mayor Chb Sukimun ketika sedang memberikan arahan sekitar 100 orang Kader Pramuka Kecamatan Bubutan di Lapangan Listya Kecamatan Bubutan Kota Surabaya dalam rangka kegiatan pembuatan Sejuta Biopori. Jumat (26/1/2018)

Di sela-sela kegiatan pembuatan "Sejuta Biopori" tersebut, Danramil Bubutan Mayor Chb Sukimun menyampaikan beberapa manfaat kegiatan pramuka bagi generasi muda sangat banyak diantaranya melatih Kemandirian. Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb hingga pencegahan dan penanggulangan bencana alam, disamping itu juga untuk menjalin silaturahmi serta kita mendapat keluarga baru. Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di duniapun berkat "pramuka", orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Dunia. 

Inilah hakikat dari Persatuan dan Kesatuan yang harus ditanamkan kepada para generasi muda saat ini ditengah terpaan badai bahaya Miras, Narkoba, dan Pergaulan bebas yang mampu menghancurkan integritas bangsa. Selain itu dalam kepramukaan juga diajarkan untuk lebih mencintai Lingkungan. Dalam pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelejahan alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.

Dan yang tak kalah pentingnya dalam pelatihan pramuka juga diajarkan Leadership. Melalui pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kemandirian, kejujuran, tanggungjawab, pantang menyerah, serta mampu menjawab semua masalah dan mengatasinya," jelas Mayor Sukimun.

Masih banyak lagi manfaat kegiatan pramuka. Tentunya pihak sekolah dalam hal ini harus berperan aktif mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan ektrakulikuler pramuka. "Dan satu hal lagi bahwa pramuka bersifat fleksibel, diperlukan kakak-kakak pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan pramuka tidak monoton", pungkas Mayor Chb Sukimun.