Kompak, Babinsa Koramil Lakar Santri Bantu Petani Padi & Cabai


SURABAYA ,- Pantauan pada hari ini, selain pendampingan terhadap petani padi di wilayah Kelurahan Lidah kulon dan Bangkingan, Kecamatan Lakar Santri, Babinsa Koramil 0832/08 Lakar Santri lainnya juga melakukan pendampingan terhadap petani cabai di wilayah Kelurahan Sumur welut, Kecamatan Lakarsantri dan Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, Sabtu (27/01/2018).

Diketahui, pendampingan dilakukan oleh Babinsa Serma Natal Siagian terhadap petani padi pagi tadi, yaitu pembersihan gulma atau rumput liar seluas 0,6 hektar di lahan garapan Slamet warga RT.03 RW.02, Lidah kulon, Lakarsantri

Sedangkan pendampingan Masa Tanam (MT) I dilakukan oleh Babinsa Serka Masroni, untuk membantu pemantauan perkembangan padi umur 12 Minggu. Diperkirakan 3 Minggu panen dengan luas 0,6 ha milik Petani penggarap Sopoyono, Anggota Poktan (Kelompok Tani) Tanjung Makmur di RW.2 Kelurahan Bangkingan.

Bagi petani, untuk mendukung ketahanan pangan, maka pemanfaatan lahan pertanian harus dimaksimalkan. Masih banyak yang harus ditanam selain padi, misalnya menanam cabai rawit, seperti yang dilakukan di wilayah Kelurahan Sumur welut, Kecamatan Lakarsantri dan Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep.

"Perkembangan pertumbuhan tanaman cabai rawit sangat bagus, petani tinggal mengharap harga di pasaran tetap stabil. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteran petani", ungkap Babinsa Kelurahan Sumur Welut Serka Suwarsu, saat itu pendampingan terhadap Poktan (Kelompok Tani) Sumur welut Makmur untuk pemantauan.

Hal yang sama juga dilakukan Babinsa Kelurahan Made Serka Edi S., juga melaksanakan kegiatan pendampingan swasembada pangan memantau perkembangan cabai milik Suyatu, luas 0,7 hektar di RT.04 RW.02 Kelurahan Made  Kecamatan Sambikerep.

[/Ang]