Melalui Simokos, Koramil 0829/15 Geger Bangkalan Ajak Siswa Rajin Membaca


Bangkalan, Koramil 0829/15 Geger mendapat kesempatan mengoperasionalkan dan mensosialisasikan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaannya, yakni di SMK Tunas Bangsa, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Jum'at (6/04/2018).

 

Babinsa Koramil 0829/15 Geger, Babinsa Sertu Syaifudin, dalam pengantarnya, menerangkan dihadapan dua ratus siswa-siswi, bahwa Si-Mokos merupakan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial milik Kodam V/Brawijaya, yang disosialisasikan dan dioperasionalkan di Kodim Jajaran se-Jawa Timur, termasuk di wilayah Kodim 0829/Bangkalan.

 

Dijelaskan pula oleh Sertu Syaifudin, bahwa Si-Mokos merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial. Wujudnya berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam.

 

"Seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter," terangnya.

 

Kehadiran Si-Mokos ini, untuk turut berkontribusi dalam menambah wawasan para siswa melalui beragam buku bacaan ilmu pengetahuan, serta untuk memotivasi para siswa agar lebih giat membaca.

 

Selain itu, para siswa juga akan kita gugah semangatnya untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah dan semakin mencintai tanah air.

 

"Melalui Si-Mokos juga para siswa akan dikenalkan materi wawasan kebangsaan mulai teori hingga outbond, sehingga diharapkan para siswa dapat mengingat kembali sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dan semakin termotivasi untuk gemar membaca," pintanya.

 

Berikutnya, Tim Simokos Koramil 0829/15 Geger, yakni Sertu Syaifudin dan Serda Rosihanto, mengajak siswa-siswi untuk melihat dan membaca beragam buku bacaan.

 

Para siswa juga dikenalkan materi outbond seperti bola tali dan holahop. Tampak kegembiraan tersirat dari senyum dan tawa para siswa saat melakukan outbond maupun ketika antri mengambil beragam buku bacaan.

 

Kepala Sekolah SMK Tunas Bangsa, Munada Efendi, menyampaikan ucapan terima kasih, rasa senang dan bangga atas kedatangan Tim Si-Mokos Koramil 0829/15 Geger, ini merupakan suatu kehormatan.

 

Di alam kemerdekaan ini, tugas kita tinggal mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, untuk para siswa tentunya melalui belajar yang baik dan rajin membaca buku-buku ilmu pengetahuan, salah satunya yang ada pada Si-Mokos.

 

"Diharapkan dengan adanya Si-Mokos dari bapak-bapak Koramil, para siswa-siswi kami akan semakin giat belajar dan rajin membaca," ungkapnya.

 

Senada dengan guru, salah satu guru, mengatakan, bawa dirinya mewakili para siswa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak-Bapak TNI dari Koramil Bangsal yang telah menghadirkan Si-Mokos di SMK Tunas Bangsa.

 

"Ini sangat membantu kami dalam berkomunikasi dan interaksi dengan siswa/siswi serta menambah pengetahuan dalam bidang komunikasi sosial, menumbuhkan semangat cinta tanah air dan lebih terhadap lingkungan sekolah," pungkasnya.