Inilah Upaya TNI Di Koramil Bubutan Tanam Jiwa Nasionalis Generasi Muda Bangsa


Surabaya,- Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah tentunya tidak asing lagi bagi hampir semua orang namun sebagian orang masih beranggapan bahwa pramuka itu hanya kegiatan bermain, sorak sorai tepuk tangan, baris berbaris, tali temali.
Padahal pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti jaman, dengan kegiatan Pramuka, kualitas generasi muda dapat meningkat.
Sebagaimana Babinsa Koramil 0830/04 Bubutan Sertu Fatkur memberikan pembinaan dan pelatihan sekitar 50 orang Pramuka Tingkat SLTP Bubutan di halaman Koramil Bubutan. Minggu (25/3/18)

Di sela kegiatan, Danramil 0830/04 Bubutan Mayor Chb Sukimun menyampaikan manfaat kegiatan pramuka sangat banyak diantaranya melatih Kemandirian. Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb hingga pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

 Disamping itu juga untuk menjalin silaturahmi serta kita mendapat kerabat baru. Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di duniapun berkat "pramuka", orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Internasional Dunia. 

Inilah hakikat Persatuan dan Kesatuan yang harus ditanamkan kepada generasi muda saat ini ditengah terpaan badai bahaya Miras, Narkoba, dan Pergaulan bebas yang mampu menghancurkan integritas bangsa.

Selain itu dalam kepramukaan juga diajarkan untuk lebih mencintai Lingkungan.

Ditempat berbeda Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Wing Sandya Udayanto,SE "Yang tak kalah pentingnya dalam pelatihan pramuka juga diajarkan Leadership, melalui pramuka diajarkan jiwa pemimpin, disiplin, mandiri, jujur, tanggung jawab, pantang menyerah, serta mampu mengatasi masalah" tegasnya.

"Masih banyak manfaat kegiatan pramuka, tentunya pihak sekolah harus berperan aktif mengajak siswanya dalam kegiatan pramuka ini, imbuhnya.

"Dan satu hal lagi bahwa pramuka bersifat fleksibel, diperlukan pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan pramuka tidak monoton", tegas Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Wing Sandya Udayanto,SE.