Kasdim Irup Hari Kesaktian Pancasila dan Kuliah Umum Di STKIP Al Hikmah




mediasurabaya.com , SURABAYA - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0832/Surabaya Selatan, Mayor Arh Sumarjo, S.Sos., bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di STKIP Al Hikmah Surabaya, Senin (01/10/2018) pagi.

Setelah upacara dilanjutkan dengan Kuliah Umum, dengan tema "Mempertahankan Ideologi Pancasila Melalui Bela Negara Untuk Menjaga Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)".

Kasdim menyampaikan, perang saat ini menggunakan proxy war, yaitu perang melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara, meliputi Ipoleksosbud Hankam.

"Dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau kelompok lain dilakukan oleh State", terangnya.

Selain itu, Kasdim juga mengingatkan bahaya pengaruh radikalisme yang cenderung menyasar kalangan Mahasiswa saat ini. Dengan memahami bahaya faham radikalisme dan terorisme, maka diharapkan akan meningkatkan peran mahasiswa dalam mengimplementasikan diri cinta tanah air, kesadaran bela negara, serta kehidupan berbangsa dan bernegara", tandasnya.

Ketua STKIP Al Hikmah Mohammad Zahri, M.Pd., juga menjelaskan, memperingati hari Kesaktian Pancasila sebagai salah satu upaya untuk terus memupuk nilai-nilai nasionalisme kita, sebagai upaya untuk terus menumbuhkan nilai-nilai patrotisme, untuk menjadikan pancasila sebagai dasar negara.

"Terlebih bagi kita sebagai kampus yang akan menghasilkan calon guru yang nanti juga akan menularkan nilai-nilai ini kepada anak didiknya di masa yang akan datang", imbuhnya berharap.

"Seperti di era milenial sekarang ini, di era yang sangat terbuka satu sama lain, di era teknologi sangat terbuka.  Untuk itu menjaga NKRI sangat penting bagi kita semua", pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti 136 Mahasiswa dan 38 Dosen, serta dihadiri Wakil Kemahasiswaan Zainal Abidin, S.Si., M.Pd., dan Babinsa Kelurahan Kebonsari Koramil 0832/05 Gayungan Sertu Usmardi. [/Dik]