Pembentukan Forum Komunikasi Penanggulangan AIDS/HIV Desa Karang Pakis


Jombang. Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Kodim 0814 Jombang desa Karangpakis Serka Rahman mengikuti acara pembentukan Forum Komunikasi Penanggulan AIDS/HIV oleh Puskesmas kabuh bertempat di Pendopo Balai Desa Karangpakis kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Kamis 25 oktober 2018.

Kegiatan pembentukan Forum Komunikasi Penanggulan Aids/HIV adalah dalam rangka pelaksanaan program Penurunan Kesakitan dan Kematian terkait HIV dan AIDS di Kabupaten Jombang bahwa setiap desa membentuk warga peduli HIV-AIDS yang terintegerasi dengan forum desa.

" Maksud pembentukan ini untuk membangun kesadaran dalam pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS yang selama ini kurang melibatkan masyarakat sebagai aktor,, program pemberdayaan masyarakat yang ada dengan prinsip transparasi, partisipatif dan akuntabilitas, serta memperhatikan nilai agama dan budaya di masing-masing daerah, sehingga masyarakat tahu, mau dan mampu menanggulangi HIV-AIDS di lingkungannya. Kemudian pembentukan ini dimaksudkan untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV (ODHA)," jelas Serka Rahman selesai acara.

Forum Komunikasi Penanggulan Aids/HIV adalah sebagai upaya Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS di Kec. Kabuh Kabupaten Jombang .Tujuan pembentukan adalah terbentuknya Warga Peduli AIDS (WPA) di wilayah Kec. Kabuh, Identifikasi potensi masalah penularan HIV-AIDS di wilayah Kabuh dan Penangananya, Adanya edukasi dan fasilitasi masyarakat kelayanan atau akses layanan yang ada, Terbentuknya Farum ini yang dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang HIV-AIDS yang benar serta Menjaga Harmonisasi warga tanpa adanya diskriminasi bagi orang yang terinfeksi HIV.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat kabuh di wakili kasi sosbud ibu sumarni, Danramil di wakili Babinsa, Kapolsek di wakili Babinkamtibmas, Kepala UPTD kesehatan Kabuh bapak Dr Edi Sugiharto, FPA Jombang Dr Wahyuning Asri, Kepala desa di wakili sekdes bapak Galuh, kepala SDN karang pakis 1 dan 2, ketua RT RW, Tokoh Masyarakat, Para Kader dan PKK desa karang pakis.