Satgas TMMD 103 Dorong Kreatifitas Warga, Melalui Pelatihan Home Industri Khas Bondowoso


Bondowoso - Serangkaian kegiatan program non fisik TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-103 Kodim 0822/Bondowoso Tahun Anggaran 2018, dilanjutkan dengan memberikan pelatihan keterampilan industri rumah tangga dan industri kecil, yang bertempat di rumah Bapak Surito Kepala Dusun Kepek Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso, Senin (22/10/2018)

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari,  yang diikuti sekitar 100 warga dan diselenggarakan atas kerja sama dengan Diskoperindag Kabupaten Bondowoso.

Hal itu dimaksudkan agar peserta dapat membuat kerajinan sendiri secara mandiri. Harapannya, kegiatan ini dapat mendorong kreatifitas warga dan dapat memberikan kontribusi bagi warga untuk bisa berwirausaha.

 

Menurut Dansatgas TMMD ke 103 wilayah Bondowoso Letkol Inf Tarmujie,  mengungkapkan bahwa "pelatihan pembuatan keterampilan ini penting bagi warga Solor, mengingat di Desa Solor terdapat destinasi wisata Batu So'on, yang saat ini sudah mulai banyak pengunjungnya," ungkapnya

 

Lebih lanjut, Letkol Tarmujie, menjelaskan, "Selain itu juga bisa dimanfaatkan oleh warga  untuk memperkenalkan serta menjual produk lokal kepada wisatawan, termasuk menawarkan hasil keterampilan yang dimiliki oleh warga dalam bentuk souvenir khas Bondosowo," jelasnya

Berbagai motivasi yang diberikan kepada peserta pelatihan cukup membuat para peserta bersemangat.

 

"Untuk dapat membuat souvenir tidak dibutuhkan bakat, ataupun keahlian khusus, asal mau belajar dan benar-benar serius mengikuti pelatihan pasti bisa, yang terpenting niatnya," ujar Bapak Surito selaku Kepala Dusun Kepek Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso.

 

"Saya punya keinginan warga dusun kami, dapat mandiri, dan mempunyai keterampilan untuk bekal kelak dimasa depan, jangan menganggap sepele pekerjaan membuat pembuatan souvenir seperti gantungan kunci, sablon dan pembuatan bros atau tas rajut, karena ke depan warga bisa membuka rumah souvenir dan lain-lain," tambahnya.

 

Salah satu peserta, Sukarji mengatakan, pihaknya berharap agar pelatihan tersebut dapat diberikan secara berkelanjutan. Hal itu akan berguna untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan warga Dusun Kepek Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso, supaya ada nilai jual yang tinggi dan dapat ikut bersaing di pasaran.

 

"Terimakasih kepada prajurit satgas TMMD Reguler Ke-103 Kodim 0822/Bondowoso, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, yang sudah mau memberi pelatihan bagi warga di dusun kami," ucap Sukarji.