Babinsa Koramil Blega Bangkalan Turun ke Sawah Bantu Petani Tanam Padi



Bangkalan,- Guna mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Bangkalan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 01 hingga 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan turut membantu petani, menyiapkan dan mengolah lahan pertanian dengan melakukan pembajakan sawah, menanam bibit padi, merawat tanaman, hingga panen padi. 


Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0829/09 Blega Serka M Subhan dan Sertu Daniel melaksanakan pendampingan petani dalam penyiapan lahan sawah dan tanam padi bersama kelompok tani di Desa Desa Nyormanes Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Minggu (9/12/2018), pagi 

Menurut Danramil 0829/09 Blega Kapten Inf Slamet Gunarto melalui menyampaikan kami perintahkan Koramil hingga Babinsa aktif turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani. 

"Saat ini kelompok tani mulai membajak sawah dan lahan mereka didukung pengairan yang lancar, sehingga beberapa wilayah di Blega Bangkalan yang memiliki lahan persawahan, petani melaui menyapkan lahan dan siap ditanami padi," katanya. 

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2018 di Bangkalan.

Lanjut Danramil mengungkapkan untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan. 

"Sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional," ungkapnya. 

Tanam padi itu merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan.