Danramil Blega Bersama Kelompok Tani Bahas Serapan Gabah ke Bulog dan Peluang Uasaha Tani


Bangkalan,- Danramil dan Babinsa Koramil 0829/09 Blega jajajaran Kodim 0829/Bangkalan melakukan pertemuan dengan kelompok tani terkait melaksanakan pertemuan dengan poktan dan pengusaha selep dan membaca peluang bisnis tani oleh Dr. Eric, bertempat di Desa Karanggayam Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan, Rabu (7/3/2018) pagi 
Kegiatan dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0829/Bangkalan Letkol Arm Dodot SH kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pendampingan petani, termasuk swasembada pangan, serapan gabah dan mewaspadai penyebaran hama pada tanaman padi, jagung dan kedelai di wilayah Kabupaten Bangkalan. 

"Kegiatan pendampingan pertani mulai penyiapan lahan, pengembangan tanaman hortikultural, monitoring tanaman hingga panen padi milik petani dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi hingga panen di wilayah Desa Karanggayam Kecamatan Blega ini," ujar Danramil 0829/09 Blega Kapten Inf Slamet Gunarto

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2017, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan khususnya Koramil Blega. 

Kapten Inf Slamet Gunarto menambahkan, tanggungjawab pendampingan pertanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim melalui Danramil hingga Babinsa. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin. 

Dikatakan Kapten Inf Slamet Gunarto, "Untuk mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog. Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal."