Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Berangkatkan 926 Bus Mudik Bareng



mediasurabaya.com , SURABAYA - Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 H., Dinas Perhubungan Provinsi Jatim (Jawa Timur) menyelenggarakan mudik bareng yang diikuti kurang lebih 5 ribu orang, Selasa (12/06/2018) pagi.

Ratusan kendaraan bus diberangkatkan dari Kantor Dishub (Dinas Perhubungan) dan DLLAJ (Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Propinsi Jatim Jalan A. Yani 268 Surabaya.

Pada kesempatan ini, Kadishub (Kepala Dinas Perhubungan) Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT., menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kali ini merupakan mudik gratis Jatim terbesar di Indonesia, di Jatim intensitas mudik jalur darat tiap tahun bertambah.

"Total 926 bus disumbang oleh pihak perusahaan dan pihak yang kerja sama dengan Dishub, selain bus ada mudik gratis juga dengan kereta api juga kapal laut", terangnya.

Ia juga mengimbau masyarakat yang ikut mudik gratis, agar daftar dulu supaya rangkaian kegiatan lancar.

"Tujuan mudik gratis ini adalah, supaya tidak ada penumpukan-penumpang di titik tertentu seperti terminal, stasiun. Supaya meminimalisir kecelakaan, dikarenakan tiap tahun bertambah kasusnya", ungkapnya.

Bambang Naryo, mengatakan, luar biasa apa yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Jatim.

"Bisa jadi contoh Dinas Perhubungan daerah lain dengan adanya mudik gratis ini", katanya.

Anggota Komisi V DPR ini menambahkan, dengan adanya mudik gratis ini bisa mengurangi resiko kecelakaan kendaraan bermotor.

"Mohon didata lagi untuk tahun depan terkait peserta mudik gratis khususnya masyarakat kurang mampu", pintanya.

"Mohon diperhatikan, untuk kendaraan bus yang dipakai mudik harus dalam keadaan baik, supaya bisa meminimalisir kecelakaan", tandasnya.

Setelah acara pemberian bingkisan secara simbolis yang diberikan kepada sopir dan penumpang, Ahmad Sukardi Kasetda Provinsi Jatim menyampaikan, "untuk data mudik gratis harus diperhatikan supaya tidak salah sasaran, utamakan masyarakat kurang mampu", pungkasnya.

Tepat pukul 08.20 WIB, pelepasan peserta mudik gratis secara simbolis oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT.

Perlu diketahui, daerah tujuan mudik bareng meliputi :
1. Surabaya - Situbondo - Banyuwangi
2. Surabaya - Jember - Banyuwangi.
3. Surabaya - Lumajang - Bondowoso.
4. Surabaya - Bondowoso.
5. Surabaya - Malang - Blitar.
6. Surabaya - Kertosono - Tulung Agung - Trenggalek.
7. Surabaya - Madiun - Magetan.
8. Surabaya - Madiun - Karangjati - Ngawi.
9. Surabaya - Bojonegoro - Tuban.
10. Surabaya - Pamekasan - Sumenep.
11. Surabaya - Nganjuk.
12. Surabaya  - Kediri

Mudik bareng juga dihadiri oleh pejabat, diantaranya yaitu Dirlantas Polda Jatim Heri Wahoyo, Kabid Angkutan Isa Anshori, Kepala Organisasi Angkutan Darat Jatim Ahmad Mustofa, Perwakilan Jasa Raharja Suhadi dan pejabat terkait Dishub dan DLLAJ Provinsi Jatim.[/gun]