Kodim 0829/Bangkalan Peringati Nuzulul Qur’an


Bangkalan, Kodim 0829/Bangkalan gelar acara memperingati malam Nuzulul Qur'an 1439 H/2018 bertempat di Masjid An Nur Kodim 0829/Bangkalan, Jln Mayjen Sungkono Kelurahan Kraton Kab. Bangkalan.
Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an Surat Al Baqoroh Ayat 185 dan 186 beserta artinya yang disampaikan oleh Serda Mardin yang merupakan anggota Kodim 0829/Bangkalan
Dalam sambutannya, Dandim  0829/ Bangkalan Letkol Arm Dodot Sugeng Heriyadi melalui Kasdim 0829/Bangkalan Mayor Inf Mahmudi mengatakan bahwa dalam sejarah manusia tidak ada yang mampu membuat surat seperti Kitab Suci Al Qur'an sampai berjumlah 30 juz yang terdiri dari 114 surat dan 3.666 ayat serta dalam isinya tidak ada yang bertentangan antara ayat yang satu dengan yang lainnya.
Lanjut kata Kasdim, Al Qur'an diciptakan untuk manusia untuk itu agar di pelajari dan di amalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari hari dengan cara menjalankan segala perintahnya  dan meninggalkan segala larangannya agar selamat di Dunia dan di Akhirat.
Tauziah hikmah peringatan Nuzulul Qur'an yang disampaikan oleh Ustadz Wawan Gunawan bertemakan "Dengan Puasa Ramadhan dan Nuzulul Qur'an 1438 H/2017 M Kita Mantapkan Ketaqwaan Prajurit TNI Pada Allah SWT Sebagai Landasan Moral Dan Menyukseskan Pelaksanaan Tugas Pokok TNI".
Ustadz mengatakan bahwa kita sebagai umat Islam wajib hukumnya untuk melaksanakan puasa selama 1 bulan penuh dengan tujuan untuk menjadi seorang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Selain itu dijelaskannya juga bahwa Kitab Suci Al Qur'an adalah ciptaan Allah SWT yang di peruntukan untuk fitrahnya umat manusia.
"Bukan hanya Kitab Suci Al Qur'an saja yang diturunkan oleh Allah SWT, tetapi juga Kitab-Kitab Suci yang lainnya seperti Taurat, Zabur dan Injil diturunkan juga pada Bulan Ramadhan sesuai jamannya/masanya", terangnya.