Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama Di Kantor PWNU Jatim



mediasurabaya.com , SURABAYA - Pada Bulan Ramadan 1439 H, PWNU Jatim (Jawa Timur) menyelenggarakan acara silaturahmi dan buka puasa, di Kantor PWNU Jatim Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (07/06/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH. Moh Hasan Mutawakkil Alallah menyampaikan, selamat datang dan terima kasih kepada undangan yang telah hadir dan buka puasa bersama di Kantor Pusat PWNU Jatim.

Di ruangan inilah, inti pasukan PWNU di Jatim walaupun akhir akhir ini terjadi teror di Jawa Timur dan tindakan para teroris adalah tindakan yang tidak dibenarkan, karena memakan korban saudara kita sendiri.

"Kami memyampaikan kepada Pendeta di Jawa Timur, bahwa kejadian yang terjadi kemarin bukanlah kegiatan orang Islam dan kita tidak boleh terpecah belah oleh para teroris", ucapnya, mengingatkan.

Ia melanjutkan, bahwa barometer amannya wilayah di Jawa Timur intinya adalah silaturahmi sesama ulama maupun umaroh dan TNI Polri, serta tokoh agama yang lainnya, kami akan menjaga silaturahmi ini dengan baik.

Terkait penerimaan bantuan untuk yayasan dari Gus Ipul (Wakil Gubernur Jatim) bukanlah kampanye, namun merupakan sumbangan, dan masih banyak lagi yang menyumbang dari pengusaha, serta tokoh masyarakat yang lainya dan akan kami serahkan kepada cabang-cabang untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jawa Timur Drs. Soekarwo juga menerangkan dalam sambutannya, bahwa jumlah penduduk Jatim 97,6 % penduduknya beragama Islam dan 79 % adalah Nahdotul Ulama, jadi sebagian besar adalah Kyai dan Santri dari NU.

"Jatim kemarin telah terjadi aksi teror bom, namun pihak berwajib sudah sangat sigap dalam mengantisipasi masalah tersebut", ujarnya.

Selain itu, menurutnya menjelang lebaran di Jatim, semua bahan pokok harganya relatif stabil, bahkan turun 0,9% sudah cukup baik terkait perkembangan perekonomian di Jatim untuk saat ini.

Selanjutnya dilakukan doa bersama dipimpin oleh KH. Nawi Abdul Jalil. Dan dilakukan azan magrib, dilanjutkan salat magrib berjamaah dan buka puasa bersama.

Acara yang diikuti ratusan undangan, juga dihadiri PWNU, PCNU dan Forkopimda Jatim, serta tokoh masyarakat, diantaranya yaitu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin, Pangarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Ketua MUI Jatim KH. Abdussomad Buchori, Perwakilan dari Konjen AS Konjen Jepang dan Konjen Tiongkok dan Ketua Cabang dan Ranting, serta Pengurus Wilayah PWNU Jatim.[/dik]