Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Buat Jembatan Sementara


Jombang. Personel Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Kodim 0814 Jombang dibantu puluhan warga melaksanakan gotong-royong membangun jembatan sementara, di Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, rabu 8 agustus 2018.
Jembatan utama yang menghubungkan Dusun Binorong dan Dusun Kedunglumpang itu terjadi abrasi  pasca meluapnya sungai Binorong yang terhubung dengan sungai Gunting bila musim penghujan, oleh karena itu sekarang akan di bangun jembatan permanen dengan lebar 4 m dan panjang 12 m.
Warga setempat dengan Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung membuat jembatan sementara di sebelah jembatan yang diperbaiki agar dapat dilalui kendaraan roda dua, maupun masyarakat yang mempergunakanya, Sertu Mardiono menuturkan, kegiatan itu merupakan wujud kepedulian TNI meringankan beban masyarakat pasca putusnya jembatan.
" Kami bersama seluruh elemen masyarakat Desa Kedunglumpang bergotong-royong membangun jembatan sementara yang nantinya bisa digunakan untuk akses ke dusun sebelah dan sekitarnya, sehingga Dusun di Desa KEdunglumpang tidak terisolir dan kelangkaaan bahan pangan," ujarnya.
Sementara Hasan Basron (65) tahun, Kepala Desa Kedunglumpang mengatakan, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses jalan menuju ke Dusun Binorong.
" Kalau jembatan ini putus, maka warga harus melalui jalan memutar lewat desa Tanggalrejo yang jarak tempuhnya hampir 3 Km," ujarnya.
Saat ini yang menjadi prioritas adalah membuat jembatan sementara agar aktivitas warga tidak terlalu terganggu. Jembatan sementara dibuat dengan memasang pilar-pilar bambu dan kemudian ditutup dengan anyaman bambu. " Setidaknya ini bisa atau kuat untuk sepeda motor lewat, dan aman untuk warga berjalan," kata Sertu Mardiono.