Sosialisasi Program Keluarga Berencana Dan Kesehatan (KB - KES) Kodim 0814 Jombang


Jombang. Kodim 0814 Jombang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kabupaten Jombang mengelar kegiatan sosialisasi program keluarga berencana dan kesehatan (KB - KES) tahun 2018 di Gedung Juang Jombang, selasa 21 agustus 2018.
Sosialisasi KB-Kes TA. 2018 dibuka oleh Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sitrisno dan dihadiri oleh Kapten Inf Nasrulloh ( Pasi Ter Kodim 0814/Jombang ), Para Danramil Jajaran Kodim 0814/Jombang, H. Edy Suyanto (Kepala Badan BPPKB) Kab. Jombang, Sdri. Yasmin (staf seksi KGM Dinkes Kab. Jombang) , Perwakilan Camat Kab. Jombang, Perwakilan anggota Koramil jajaran Dim 0814/Jombang, Serma Suparto (Anggota Poskes Dim 0814/Jombang), Perwakilan Kepala Puskesmas wilayah Kab. Jombang , Koordinator Kecamatan (Dinas pengendalian penduduk dan KB Kab. Jombang) , Kader BPPKB tingkat Desa
Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sitrisno mengatakan, Sasaran Program KB tidak hanya untuk menurunkan angka kelahiran akan tetapi untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan cerdas serta berkualitas dalam rangka menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik dan sejahtera.
" Untuk keberhasilan program KB ini dibutuhkan peran aktif serta sinergitas oleh seluruh komponen masyarakat dengan pemerintah Kabupaten sehingga warga masyarakat faham dan secara ikhlas dapat mendukung program KB ",  Ungkap Dandim .
H. Edy Suyanto (Kepala BPPKB) Kabupaten  Jombang dalam kegiatan tersebut sebagai pemberi materi mengatakan, Undang undang tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga mengatakan bahwa penduduk sebagai modal dasar dan faktor dominan pembangunan harusnya menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan dan itulah latar belakang dan dasar program KB.
" Keberhasilan program KB ditentukan oleh pelayanan kesehatan yang diberikan sepanjang siklus usia reproduksi dengan cara memberikan konseling kepada remaja dan pengantin baru, penguatan pola kesertaan ber KB dan kebijakan dan strategi bidan KB "
Program KB adalah bagian yang terpadu (integral) dalam program pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional. Perlu diketahui, bahwa Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia telah dianggap masyarakat dunia sebagai program yang berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna.