Ratusan Peserta Pramuka PTA Ikuti Wawasan Kebangsaan





mediasurabaya.com , SURABAYA - Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) Kelurahan Wiyung Serma Sugeng Hariyono memberikan pengetahuan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 300 Siswa dan Siswi Pramuka Kelas 10 Peserta Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gudep 30.043 - 30.044 Pangkalan SMK Ketintang Surabaya, Jumat (24/08/2018).


Dengan didampingi Pembina Pramuka Kak Solicha dan Kak Bolang, Anggota Koramil 0832/Surabaya Selatan ini menyampaikan materi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pemersatu Bangsa.

"Mencermati perkembangan situasi, serta perilaku anak - anak muda dewasa ini, maka perlu untuk diberikan gambaran tentang Wawasan Kebangsaan yang berorientasi secara Nasional", terang Serma Sugeng Hariyono.

Selanjutnya dalam penjelasannya, Babinsa yang dikenal aktif di kepramukaan ini menguraikan, bahwa Ikatan nilai - nilai gotong rotong dan kebangsaan perlu ditanamkan kembali dalam diri setiap Anak Bangsa yang merupakan pengejawantahan dari rasa cinta tanah air, bela negara dan semangat patriotisme.

Rasa persatuan dan kesatuan perlu ditingkatkan kembali dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Indonesia dibangun dan dilandasi atas rasa Persatuan dan Kesatuan yang tinggi untuk mencapai cita - cita nasional, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sesungguhnya Wawasan Kebangsaan sangat perlu dipahami oleh semua lapisan warga masyarakat, apalagi adik - adik yang aktif di kegiatan Kepramukaan, seperti kalian semuanya yang selalu aktif dalam kegiatan yang terkadang bersentuhan langsung dan turut serta membangun masyarakat. Dengan begitu akan lebih bermakna dan menyentuh secara langsung dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebagai anggota gerakan pramuka tugas kalian belajar dan berlatih  , belajarlah dengan tekun dan berlatihlah dengan sungguh - sungguh melalui kerja keras secara ikhlas dan cerdas, agar kelak kalian bisa menjadi generasi muda yang berprestasi, yang suatu ketika nanti akan dipersiapkan untuk menjadi Kader - Kader pembangunan yang cakap dan bersemangat.

"Jaga terus kekompakan dan kebersamaan sesama anak bangsa melalui gerakan pramuka, tanpa memandang suku, agama, etnis, bahasa, budaya dan adat istiadat", tandasnya.

"Kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, raihlah prestasi kalian setinggi langit, jadilah anak muda yang bisa membanggakan kedua orangtua, pribadimu dan orang - orang  di sekelilingmu yang mengasihimu. Selamat belajar dan berlatih", pungkasnya.

"Terima Kasih Kak Sugeng Hariyono atas Wawasan Kebangsaan yang sudah diberikan kepada Peserta PTA kami, semoga bisa dijadikan motivasi dalam proses belajar dan berlatih, agar mereka semua tertanam rasa cinta tanah air dan bangsa", demikian tutur Kak Solicha dan Kak Bolang Pembina Pramuka Gudep 30.043 - 30.044 Pangkalan SMK Ketintang Surabaya. [/Dik]