Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Motivasi Petani Jagung


Jombang. Guna mendukung program Swasembada Pangan Pemerintah, Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung, Kodim 0814 Jombang Sertu Diryanto yang bekerja sama dengan kelompok tani Desa Janti melaksanakan pemupukan jagung dilahan Poktan M Maskur dengan luas 1 ha, di lahan persawahan desa Janti, kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, Kamis 2 agustus 2018.
Banyak petani yang bertanya kepada Babinsa maupun PPL tentang dosis pemupukan yang benar. menurut Babinsa Sertu Diryanto, Jagung sebaiknya dipupuk pada masa sebelum tanam, umur 15 HST, dan 30 HST. Pupuk dasar berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan. Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. 
Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi. Kecupukan nutrisi ini akan meningkatkan daya tahan tanaman saat fase rawan tersebut. Selain itu pupuk dasar juga memacu pertumbuhan lebih cepat dan sehat.
Babinsa pendamping, Sertu Diryanto sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya mulai dari masa tanam sampai dengan masa panen.
Bapak Duki selaku pemilik lahan pun sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani, sehingga petani khususnya di Desa Janti, Kecamataan Mojoagung, Kabupaten Jombang menjadi tambah maju. Beliau berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan dan pada akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai harapan pemerintah.