Bagi Pekerja Kantoran yang Duduk Terlalu Lama, Ini Saran untuk Anda


Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth | Foto: Thinkstock -

Jakarta - Duduk berjam-jam di depan layar komputer jamak dilakukan para pekerja kantoran. Nah, agar kegiatan rutin ini tak menimbulkan masalah, ada saran yang perlu diperhatikan.

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan punggung terasa sakit sehingga mengganggu pekerjaan. Spesialis kedokteran olahraga, dr Ade Tobing, SpKO, memberikan sarannya.

"Maka dari itu, posisi duduk tidak boleh membungkuk harus tegak supaya tulang belakang tidak mengalami kompresi. Lalu, jarak antara layar juga cukup 30 sentimeter saja," kata dr Ade beberapa waktu lalu.

Bila posisi duduk yang salah berlangsung lama maka dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Kalainan inilah yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyempitan saraf dan neuropati atau gangguan kerusakan saraf tepi.

Selain itu, dr Ade juga menganjurkan untuk melakukan stretching atau peregangan pada tubuh. Cara ini dapat membantu otot Anda untuk menjadi lebih relaks. 

"Cukup dengan menggerakkan tubuh kita ke kiri dan kanan, kemudian naikkan bahu dan lakukan stretching bisep. Setiap gerakan tahan minimal delapan hitungan," Lanjut dr Ade.

Beberapa orang yang merasa pegal biasanya kemudian membunyikan sendinya. Padahal ini merupakan kebiasaan yang salah dan bisa memicu osteoarthritis atau pengapuran sendi.

"Kalau peregangan tidak boleh dibunyikan, tapi gerakkan secara perlahan. Membunyikan tulang bisa menyebabkan osteoarthritis atau pengapuran karena dirangsang terus sehingga memicu masalah pada saraf," tutup dr Ade.
(vit/vit)

 [ detik.com ]