KAPOLRI HADIRI WISUDA UMM KE-80 PERIODE II TAHUN 2016



MALANG,- Acara wisuda ke 80 Periode II Th. 2016 dilaksanakan di Dome UMM ( Universitas Muhammadiyah Malang ) Desa Tegalgondo Kec. Karangploso, diikuti sekitar 3.500 orang wisudawan dan wisudawati dan orang tua oleh Rektor UMM Drs. Fauzan Mpd.
Sabtu 28/05/2016.

Hadir dalam kegiatan wisuda, yaitu :

1. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.
2. Dan Lanud Abd Saleh Marsma TNI RM Djoko Senoputro.
3. Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot.
4. Kasiintelrem 083/ Bdj Letkol Arh Abdul Hamid.
5. Kapolres Malang AKBP Agus Yulianto SIK, SSos MSi.
6. Kapolres Kota Malang AKBP Deki SIK.
7. Wabup Malang H. Sanusi.
8. Wantimpres dan Ketua Badan Pembina UMM Prof. HA Malik Fajar, MSc.
9. Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr Muhadjir Effendy.
10. Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Malik.
11. Koordinator Kopertis Wil VII Prof Dr. Ir Suprapto.
12. Konsul Jenderal Amerika Serikat Miss. Arika Calsen.
13. Konsul Jendral China Miss Yeyen
14. Pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah Wil. Jatim.

Dalam sambutannya Rektor UMM Drs H. Fauzan M.Pd., hari ini adalah hari yang bahagia karena kita semua yang hadir di tempat ini menjadi saksi atas pencapaian prestasi baik yang diraih oleh wisudawan wisudawati ataupun prestasi UMM. Momentum wisuda adalah bentuk pertanggungjawaban publik sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, UMM mengukuhkan dan melepaskan 1.216 lulusan dan program Diploma III, Sarjana S1, S2 dan S3.

Kita patut bersyukur karena ditengah-tengah kita telah hadir Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dan beliau mempunyai hubungan emosional yang dekat dengan Muhammadiyah. Sebagai bagian besar dari Bangsa ini UMM juga terus berkomitmen membantu tugas - tugas kepolisian melalui berbagai cara, termasuk ikut mendidik karakter mahasiswa yang luhur dan terbebas dari 4 pantangan besar antara lain : Penyalahgunaan narkoba, Pergaulan dan seks bebas atau tindak susila, Kriminalitas, Tindakan kekerasan atau perkelahian.

Nanti kita juga akan menyaksikan penandatanganan naskah kerjasama atau MOU dengan Kedutaan besar Amerika Serikat untuk program Education USA, Konsul Jendral China untuk pendirian China Corner di UMM dan Dan Lanud Abd Saleh untuk pengembangan tanaman herbal.

Penandatanganan simbolisasi dari sebagian Kemitraan strategis UMM dengan berbagai pihak yang telah berjalan dengan baik. Atas dukungan dari Menristek Dikti dan prestasi kelembagaan Direktorat Penelitian dan pengabdian Masyarakat ( DPMM ) UMM, maka UMM tetap bertekad agar penelitian yang dihasilkan oleh Dosen dan Mahasiswa harus memiliki kemanfaatan yang sebesar - besarnya bagi pembangunan bangsa.

Bahwa UMM tetap dilibatkan sebagai PT terunggul oleh Kopertis Wil VII tahun 2016 dan mendapatkan penghargaan AKU  ( Anugrah Kampus Unggul ). Ucapan selamat kepada Wisudawan dan wisudawati beserta keluarga atas pencapaian kelulusan ini dan berpesan agar meluruskan niat untuk menatap masa depan demi kemajuan Bangsa.

Dilanjutkan penandatangan MOU ( Memorandum of Understanding ) antara UMM diwakili oleh Rektor UMM Drs. H. Fauzan M.Pd dengan : Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk program Education USA Miss Arika Calsen. Serta Konsul Jenderal China Miss Yeyen untuk pendirian China Corner.

Sambutan Ketua Badan Pelaksana Harian UMM oleh ( Prof.H.A. Malik FajdarM,sc.), mengucapkan selamat pada pimpinan UMM yang telah mengantarkan putra putrinya yang akan dilepas kepada orang tuanya. Berpesan kepada wisudawan wisudawati bahwa Bangsa ini berada diurutan 60 budaya membaca sehingga membahayakan kelangsungan kehidupan berbangsa karena masyarakat mudah dimakan oleh issue. Selamat atas keberhasilan wisudawan wisudawati atas selesainya studi yang dilaksanakan di UMM.

Sambutan Majlis Dikti PP.Muhamadiyah Prof. Dr Abdul Munif, menjelaskan bahwa Muhammadiyah memiliki 180 PT di Seluruh Indonesia. Selamat kepada orang tua wisudawan dan wisudawati karena anaknya telah lulus dari UMM semoga ke depan memiliki kehidupan yang lebih baik. Tujuan utama pendidikan Muhammadiyah adalah mengasuh, membimbing dan mengarahkan agar menjadi manusia yang baik. Menyampaikan pesan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan yaitu manusia muslim yang baik adalah manusia yang selalu belajar dan menjadi guru yang selalu menyebarkan virus kebaikan kepada masyarakat.

Sambutan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wil. VII Prof Dr. Ir. Suprapto, UMM selalu nomor satu sejak 9 tahun belakangan ini Anugerah Kampus Unggul ( AKU ) di jajaran kampus di Jatim. UMM selalu mengedepankan output ataupun lulusan yang jujur dan berakhlak. Berpesan kepada UMM agar menjadi Universitas yang selalu hebat baik di Indonesia ataupun di Mancanegara.

Orasi ilmiah oleh Kapolri Jendral Pol Badrodin Haiti, Mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati karena telah menyelesaikan pendidikannya di UMM dan semoga bisa menjadi generasi muda yang berguna bagi kemajuan Bangsa Indonesia. Kemajuan tehnologi menimbulkan arah baru sehingga dapat mempengaruhi masyarakat di abad 21 antara lain yang dapat mempengaruhi adalah digital, Enterpreneur, Pasar global dan Urban word. Selain itu dapat mempengaruhi
potensi kamtibmas dan  kejahatan baru dalam bentuk cyber.

Ada 3 macam kelompok dalam digital antara lain : Pree digital age adalah warga senior masyarakat kurang menggunakan tehnologi. Digital imigran yaitu berada ditengah antara Pree digital age dan Digital Natif, menjadi tertarik untuk memahami tehnologi karena kebutuhan baik terpaksa ataupun kesadaran diri. Digital natif adalah generasi yang lahir setelah Tahun 2000, merupakan generasi pembeda dari generasi sebelumnya, kehidupannya sebagian besar menggunakan digital.

Dari ketiga golongan tersebut akan terjadi gep antar generasi dan menimbulkan kesenjangan yang berbeda, nilai, gaya hidup dan sistem pembelajaran dan ide terkait pemahaman tehnologi. Digital mampu memberikan pilihan untuk memperoleh informasi dan mempererat berhubungan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Generasi digital natif menjalankan kebebasan memilih dan mengekspresikan serta menampilkan atribut atribut untuk melambangkan dirinya, selain itu
kritis mengamati obyek - obyek dan memberikan komentar di media sosial. Digital adalah terbuka terhadap nilai-nilai sosial, Agama liberal, komunis dan lainnya dan ini perlu diwaspadai. Digital Natif adalah inovator adanya pembaharuan yang lebih banyak memberikan kemudahan dan mempengaruhi cara pikir dan pandang pada transisi masing - masing individu, mampu bekerja dalam kelompok dan membangun konsep dalam perubahan.

Digital Natif memunculkan fenomena, yaitu : Dimanjakan media sosial memudahkan dalam memperoleh informasi dan tidak mengandalkan koran radio atau televisi. Dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat seolah tidak memerlukan orang lain. Memilih berhubungan antar manusia melalui tehnologi. Kebebasan dalam mengakses informasi harus dilaksanakan kontrol pada dirinya masing-masing sebagai filter. Masyarakat lebih mementingkan personalitas. Persaingan hidup yang semakin berat diiringi keinginan masyarakat secara praktis. Era digital memunculkan persaingan baru dalam sosial dalam bentuk kejahatan cyber. Pasar yang memberikan jarak yang tipis antara produsen dan konsumen misalnya jual beli online. Memberikan kesempatan kepada organisasi teroris ataupun kejahatan narkoba untuk merekrut anggota baru ataupun melaksanakan transaksi dalam jual beli narkoba. Internet bisa dibuat sebagai penggalangan massa, menyebarkan ideologi politik, dan tanpa disadari oleh pengguna.

Untuk mengantisipasi dampak negatif dari kemajuan tehnologi adalah adanya satu pemikiran transisi generasi vital mencegah kejahatan dimasa mendatang yaitu dengan UU No. 11/2008 Pasal 2 memiliki jangkauan yuridiksi untuk perbuatan luar hukum Indonesia ataupun asing jika merugikan kepentingan Indonesia, harkat martabat bangsa dan kedaulatan negara. Hal - hal yang harus dilakukan untuk mencegah dampak negatif kemajuan digital antara lain : Meningkatkan kemampuan aparat hukum terkait kejahatan cyber. Sosialisasi di dunia pendidikan terkait pembelajaran internet yang baik. Para orang tua secara bertahap dan berkelanjutan internet yang baik kepada anak - anaknya. Menjalin hubungan baik dengan negara lain dalam penegakan hukum untuk kejahatan cyber.

Meningkatkan kemampuan individu tiap-tiap komponen bangsa antara lain kemampuan : Kemampuan untuk mengatasi perubahan lingkungan. Kemampuan dapat identifikasi. Potensi masalah Kemampuan memilih dari konten media. Kemampuan memanfaatkan perangkat tehnologi. Kemampuan membuat jaringan sosial.

Berpesan bahwa kemajuan tehnologi disaat ini adalah luar biasa jika dilihat di masa lalu,  namun kemajuan tehnologi memperbesar peluang kejahatan dan perbuatan menyimpang sehingga berharap generasi muda mampu manfaatkan tehnologi dengan maksimal dan memfilternya.

Dilanjutkan pemberian cindera mata oleh Ketua Badan Pembina UMM kepada Kapolri berupa pemakaian Jas Almamater UMM. Dan dilaksanakan penandatanganan MOU antara UMM diwakili Rektor UMM Drs H. Fauzan Mpd dengan Dan Lanud Abd Saleh Marsma TNI RM Djoko Senoputro. Pembacaan SK wisuda terbaik. Serta Pengukuhan wisudawan dilanjutkan pembacaan Ikrar lulusan UMM. Penutupan rapat senat oleh Rektor UMM Drs. H. Fauzan M.Pd.

[/trk_ang]