Tersesat, Dua Pendaki Semeru Ditemukan di Tawong Songo


Reporter : Harry Purwanto

Lumajang, - Dua pendaki asal Cirebon yakni Supriyadi (26) dan Zirli Gita Ayu Safitri (16) yang tersesat di Gunung Semeru ditemukan oleh Tim Basarnas dan TRC BPBD Lumajang di Aliran Sungai Besuk Sat Sekitar Gunung Botok Kawasan Tawon Songo, Desa/Kecamatan Pasrujambe.

"Benar mas, dua suvivor sudah ditemukan dalam kondisi lemah dan sekarang proses evakuasi," ujar Kabid Kesiapsiagaan BPBD Lumajang, Hendro Wahyono pada beritajati.com, Selasa(24/05/2016).

Menurut dia, kondisi lemah 2 pendaki ditolong dengan diberikan makanan dan minuman tambahan. Pendaki bisa dievakuasi dengan cara jalan. 

"Alhamdullilah pendaki bisa jalan kaki, ini sekarang proses ke Pos Tawon Songo," ungkapnya.

Sebelumnya, 2 pendaki dikabarkan berada di kawasan air terjun kembar arah Barat Laut yakni Malang. Kabar ini diketahui melalui SMS dilakukan oleh 2 pendaki ke rekannya.

Tim Basarnas bersama TRC BPBD Lumajang yang menduga 2 pendaki akan lewat jalur kuno pendakian Semeru dilakukan penghadang. Ketika sampai dikawasan Aliran Sungai Besuk Sat, petugas mengetahui 2 survivor sedang jalan kaki dengan kondisi lemah.

"Jadi saat itu, tim dilapangan langsung melakukan penjemputan," terangnya.

2 buah mobil Ambulance dari RS Bayangkara dan RSUD Haryoto disiakan di Pos Tawon Songo untuk menyambut dua survivor untuk dibawa ke Puskesmas setempat.[har/ted]