KESEHATAN Mitos atau Fakta : Soda Susu Dapat Bersihkan Paruu-paru Perokok?


Beragam informasi beredar di kalangan kesehatan perokok. Salah satunya adalah informasi bahwa minuman yang terdiri atas campuran soda, susu, dan sirup atau yang biasa disebut dengan soda susu ini dapat membersihkan paru-paru perokok. Lantas, apakah benar bahwa soda susu dapat membersihkan paru-paru perokok?

Mitos bahwa soda susu akan mampu membersihkan paru-paru memang beredar luas di berbagai kalangan masyarakat, khususnya kalangan perokok. Namun, sepertinya kalangan perokok harus bersiap kecewa mendengar fakta yang dijelaskan berbagai pakar kesehatan. Pasalnya, menurut pakar kesehatan, mitos ini sama sekali tidak benar dan minum soda susu tidak ada kaitannya dengan pembersihan paru-paru. Kandungan nikotin dan racun lain yang dihasilkan rokok akan tetap membahayakan kesehatan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika soda sama sekali tidak akan berfungsi layaknya deterjen bagi tubuh manusia. Uniknya, konsumsi susu pada soda susu ini justru bisa memicu munculnya banyak lendir pada tenggorokan yang tentu akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Secara logika, bagaimana mungkin sebuah minuman bisa memenuhi paru-paru untuk membersihkan berbagai macam kotoran dan kemudian keluar lagi dari paru-paru tanpa adanya gangguan kesehatan, khususnya dalam hal proses pernafasan.

Andai anda ingin membersihkan paru-paru anda, pakar kesehatan menyarankan kita untuk benar-benar berhenti merokok secara total. Rokok, apalagi yang dikonsumsi secara berkala setiap hari akan secara efektif memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan layaknya terkena penyakit jantung, otak, ginjal, masalah pada sistem pencernaan, atau bahkan bagi tulang kita. [surabayanews.co.id] 

(van/yid)