SURABAYA RAWAN BANJIR, Koramil Genteng Sosialisasi Biopori Murid SDN Kaliasin 7


Foto : Heru Wiyono

Di daerah perkotaan seperti Kota Surabaya, keberadaan pepohonan semakin tergusur oleh bangunan-bangunan. Banyaknya pepohonan tidak selalu mengartikan banyak air yang terserap, karena permukaan tanah yang tertutup membuat air tidak dapat meresap ke tanah. Oleh sebab itu, TNI AD melalui Satuan Komando Wilayah (Satkowil) Koramil 0832/02 Genteng Kodim 0832/Surabaya Selatan, melaksanakan sosialisasi pemasangan biopori kepada Murid SDN Kaliasin 7 di Halaman Makoramil 0832/02 Genteng, Jumat 08/04/2016 09.40 WIB.

Babinsa Serda Suprabdi didampingi Serda Heru WK menyampaikan, bahwa sekolah tersebut berada di wilayah binaan. Babinsa memberikan sosialisasi tentang pemasangan biopori kepada peserta didik usia dini, agar anak-anak tersebut memahami bagaimana cara melestarikan dan menjaga lingkungan dengan kondisi perkotaan saat ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anak-anak usia dini perlu mendapatkan pemahaman bagaimana membuat lubang resapan atau sumur resapan buatan manusia yang sekarang dikenal dengan lubang biopori.

Biopori dapat dibuat di halaman depan, halaman belakang atau taman yang berada di rumah. Lubang biopori sendiri umumnya dibuat dengan lebar kira-kira 30 cm, jarak antar lubang sekitar 50 cm-100 cm. Manfaat yang bisa didapat antara lain mencegah dan mengurangi banjir, karena banjir telah menjadi bencana yang merugikan bagi warga perkotaan. Keberadaan lubang biopori dapat menjadi jawaban dari masalah lingkungan. Bila setiap rumah dan kantor atau tiap bangunan memiliki biopori, berarti jumlah air yang segera masuk ke tanah semakin terserap banyak dan dapat mencegah terjadinya banjir.

Banyak manfaat untuk lingkungan kita dengan adanya biopori, maka membuat biopori dapat menjadi salah satu pertimbangan kelestarian lingkungan. Tujuan lain dari sosialisasi tersebut, yaitu menumbuhkan kesadaran dan kepedulian kepada anak-anak sejak usia dini untuk selalu menjaga keseimbangan lingkungan disekitarnya.

***D i k i***