Bangunan Cagar Budaya Bung Tomo Dibongkar


SURABAYA- Tempat dimana Bung Tomo membakar semangat arek Suroboyo saat awal pertempuran 10 November, yakni bangunan cagar budaya Jl Mawar 10-12 Surabaya, dibongkar. Bangunan cagar budaya Jl Mawar 10-12 Surabaya, dibongkar.

Dilansir dari akusurabaya.com, inilah studio radio rahasia bersejarah dimana suara berapi-api, pekik Takbir, Bung Tomo yang kerap kita dengar setiap peringatan kemerdekaan, dipancarkan. Bung Tomo, Ktut Tantri dan beberapa sahabatnya mendirikan Radio Pemberontakan Republik Indonesia dengan pemancar portable. Studio yang terpaksa diciptakan setelah RRI masih ragu dengan sepak terjang Bung Tomo.

Dari tempat inilah, perang 10 November kemudian berkobar. Dari pojokan kamar di bangunan inilah, ratusan ribu pejuang tersulut emosinya. Maka yakinlah, dari bangunan inilah, Surabaya kelak disebut kota pahlawan.

Sayangnya, setelah lolos dari bom sekutu tahun 1945, hari ini, saksi sejarah itu justru dihancurkan oleh bangsa sendiri. Padahal, bangunan yang berdiri tahun 1935 ini sudah masuk daftar cagar budaya melalui SK Wali Kota no 188.45 tahun 1998. [ surabayanews.co.id ]